METODE PENELITIAN SEJARAH DARI RISET HINGGA PENULISAN

metode penelitian sejarah

Penelitian sejarah merupakan sebuah proses riset dengan ciri khusus yang berbeda dengan penelitian sosial-humaniora lain. Objek kajian sejarah adalah fenomena sosial yang terjadi di masa lampau yang memiliki jarak waktu, kecuali sejarah kontemporer sangat jauh dengan waktu tempat hidup penelitinya. Akibatnya interkasi antara peneliti dengan objek penelitian tidak bisa terjadi secara langsung, tetapi harus melalui media yang dikenal sebagai sumber sejarah. Sehubungan dengan hal itu, maka pemahaman yang benar tentang prosedur riset sejarah diperlukan.


Selama ini telah banyak buku metode dan metodologi sejarah yang diterbitkan di Indonesia. Akan tetapi buku-buku tersebut sebagian besar berbicara pada tataran filosofis dan metodologis, dan hanya sedikit yang mengupas tentang aspek praktis dari penelitian sejarah, pada hal untuk para peneliti sejarah pemula, mahasiswa tingkat awal, dan penulis sejarah awam, segi-segi praktis dalam metode penelitian sejarah diperlukan.

 Lihat juga: Sejarah Intelektual


Sehubungan dengan hal itu, maka buku metode sejarah: dari riset hingga penulisan ini dihadirkan di kalangan pembaca. Buku ini sesungguhnya revisi dari buku ajar yang pernah penulis terbitkan di Universitas Negeri Semarang dengan judul “dari Riset hingga Tulisan Sejarah”. Revisi difokuskan pada paspek-aspek baru dalam penggalian sumber sejarah, yakni yang berbasis media digital. Sebagai sebuah buku pengantar, buku ini memang hanya menyajikan kulitnya saja dari suatu riset sejarah. Akan tetapi bagi peneliti pemula, dan orang awam terhadap sejarah buku ini cukup bermakna dalam memahami apa sesungguhnya ilmu sejarah dan bagaimana masa lampau sampai ke tangan pembaca sejarah melalui langkah-langkah penelitian yang dilalui.


Banyak informasi diambil dan dirujuk dari sejumlah buku tentang metode dan metodologi sejarah baik dari pakar sejarah dari dalam maupun luar negeri. Dengan cara itu, maka buku ini baru bisa diterbitkan. 



Buku ini tersusun menjadi lima bab. Bagian pertama berisi tentang konsep-konsep dasar ilmu sejarah, yaitu pengertian sejarah, proses menjadi sejarah, penelitian sejarah, dan kegunaan sejarah. Bagian kedua bersisi tentang bukti sejarah atau sumber sejarah sebagai titik awal dalam riset sejarah. Di dalamnya dikemukakan tentang jenis-jenis sumber sejarah dan strategi untuk menelusurinya. Bagian ketiga memuat tentang menilai sumber sejarah. Penilaian meliputi otentisitas dan krediblitas sumber, serta validasi atau triangulasi terhadap kebenaran sumber yang dikenal sebagai koroborasi. Bagian keempat menguraikan tentang tafsir dan penjelasan sejarah. Ada beberapa model yaitu tafsir tekstual, hermeneutika, postitifistik, Weberian, dan pos kolonial atau dekonstruksi sejarah. Bagian kelima atau bagian akhir memuat tentang teknik menulis sejarah. Di dalamnya diungkapkan tentang penggunaaan bahasa yang baik, model penulisan sejarah, hingga teknik perujukan sumber sejarah untuk dicantumkan dalam teks sejarah. 


Judul                : Metode Penelitian Sejarah dari Riset Hingga Penulisan

Penulis            : Wasino dan Endah Sri Hartatik

Halaman          : 174 halaman

ISBN                 : 978-602-5789-08-3

Penerbit Magnum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar