DASAR-DASAR PENELITIAN BIDANG SOSIAL, PSIKOLOGI DAN PENDIDIKAN (Edisi Revisi)

DASAR-DASAR PENELITIAN BIDANG SOSIAL, PSIKOLOGI DAN PENDIDIKAN (Edisi Revisi)

Salah satu buku dasar didunia akademis adalah buku dasar-dasar penelitian. Buku Dasar-Dasar Penelitian Bidang Sosial, Psikologi dan Pendidikan karya Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh., M.Pd. ini di terbitkan untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, khususnya tentang penelitian ilmiah.
Penelitian adalah sebuah upaya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan upaya adanya temuan-temuan baru. Ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang diperoleh melalui metode ilmiah.
Penelitian di Indonesia saat ini mengalami kelesuan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi. Selain dukungan dana dari pemerintah yang minim, tidak mendukungnya dunia industri terhadap penelitian. Hal ini dikarenakan anggapan kurang pentingnya penelitian terhadap dunia industri. Sementara itu, di negara maju antara penelitian dan dunia industri saling mendukung satu sama lain.
Faktor lain adalah masalah sumber daya manusia (SDM) peneliti. Kurangnya perhatian oleh pemerintah dan masyarakat terhadap peneliti membuat orang berpikir dua kali untuk menjadi peneliti.
Seperti telah diungkapkan di atas salah satu unsur lembaga penelitian adalah perguruan tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi memuat tiga hal penting yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian masyarakat. Kecenderungan yang terjadi saat ini adalah pengajar atau dosen lebih tertarik mengajar dibandingkan meneliti karena meneliti membutuhkan waktu yang relatif lebih lama. Mulai dari mengajukan proposal penelitian, terjun ke lapangan, penyusunan hasil laporan, dan sebagainya.
Demikianlah kondisi lapangan. Namun, demi kepentingan kini dan masa mendatang, penelitian harus digairahkan demi geliat ilmu pengetahuan di negeri ini.
Buku ini merupakan karya seorang guru besar. Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh., M.Pd. telah mengajarkan materi buku ini sejak asisten dosen (1982) hingga menjadi guru besar (2001). Bahkan sampai saat ini masih terus diajarkan dan dikembangkan. Penulis buku ini berpengalaman mengajar di berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta; baik keguruan maupun perguruan tinggi. Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman mengajar tersebut. Meneliti untuk mengajar dan mengajar untuk meneliti, serta mengajarkan hasil penelitiannya. Buku ini pulalah salah satu yang menghantarkan penulisnya menjadi seorang guru besar dalam bidang pendidikan, dan ribuan mahasiswa meraih tingkat kesarjanaan.
Tidak dapat dipungkiri bahwa telah beredar banyak buku-buku penelitian. Dalam setiap buku pastilah memiliki keistimewaan masing-masing. Keistimewaan buku ini adalah hasil karya dan pikir seorang guru yang profesional dan berpengalaman dalam bidangnya sehingga penyajian materi bersifat didaktis dan metodis, mudah dicerna. Bersifat ilmiah tetapi populer, menyampaikan ilmu dengan nuansa pendidikan.
Buku berjudul Dasar-dasar Penelitian ini sangat cocok digunakan sebagai panduan bagi para peneliti muda dan mahasiswa yang ingin menguasai metode penelitian. Buku ini juga dilengkapi dengan langkah dan contoh-contoh kongkrit yang akan mempermudah pembaca melakukan kegiatan penelitian.
Kehadiran buku ini juga didasari oleh niat pengembangan keilmuan, disamping untuk menggairahkan kegiatan penelitian demi bergairahnya penelitian di negeri tercinta Indonesia. Karena itulah, saya menyambut baik kehadiran buku ini. Semoga bermanfaat bagi para mahasiswa, utamanya bagi para sarjana dan calon-calon sarjana.

DATA BUKU
Judul               : Dasar-Dasar Penelitian Bidang Sosial, Psikologi Dan Pendidikan
Penulis           : Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh., M.Pd.
Halaman        : 436 halaman
ISBN             : 978-602-1217-08-5

Penerbit Magnum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar