Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) di Mata Masyarakat


 Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) atau kadang disebut dengan Kekerasan Gender Berbasis Online (KGBO) merupakan salah satu bentuk kekerasan yang dilakukan dan difasilitasi medium internet. Mayoritas perempuan biasanya menjadi korban kekerasan. Hal ini disebabkan karena adanya distribusi kuasa yang timpang antara laki-laki dan perempuan, sehingga kekerasan ini mengacu pada dampak  status gender perempuan yang subordinat dalam masyarakat. Budaya patriarki yang tertanam dalam masyarakat menimbulkan narasi bahwa perempuan adalah makhluk sosial yang lebih lemah. Keadaan demikian menjadikan perempuan yang tidak mematuhi perintah laki-laki akan mengalami kekerasan, seperti halnya akhir-akhir ini kekerasan terjadi di dunia digital. KBGO semakin meresahkan karena kasusnya meningkat tajam, terutama pada saat pandemi covid 19.
Kasus KBGO/KGBO dengan bentuk pelecehan terhadap perempuan ditemukan di beberapa platform media sosial dengan urutan dari paling banyak di media sosial Facebook yaitu sekitar 39%, Instagram sekitar 23%, Whatsapp sekitar 14%, Snapchat sekitar 10%, Twitter sekitar 9%, dan TikTok sekitar 6%. Dari prosentase tersebut menunjukkan bahwa media sosial menjadi wilayah yang tidak aman bagi perempuan dan anak. Setiap orang mempunyai hak memperoleh rasa aman dan nyaman dalam kehidupan sosial maupun bersosial media. Namun, dengan maraknya KBGO/KGBO menjadikan mereka merasa sudah tidak aman lagi dalam bersosial media. Oleh karena itu yang mereka butuhkan adalah adanya perlindungan hak-hak perempuan dalam bersosial media tanpa gangguan kekerasan.
Buku ini merupakan kumpulan tulisan mengenai KBGO/ KGBO pengertiannya, dinamika perlawanannya, peran serta pemerintah melalui berbagai payung hukumnya, dan yang terakhir tentang alternatif solusi agar masyarakat terutama anak-anak terbebas dari KBGO/ KGBO.

Judul: Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) di Mata Masyarakat
Penulis: Muhammad Dicka Ma’arief Alyatalatthaf, dkk.
Penerbit: Magnum Pustaka Utama
ISBN: dalam proses pengajuan
Harga: Rp90.000,-
Info Pemesanan:wa.me/62882003761947

Penerbit Magnum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar