Buku Panduan untuk Guru mengenai Pendidikan Seksual Anak Usia Dini


Pendidikan seksual bagi masyarakat awam masih dianggap hal tabu. Namun, seiring perkembangan waktu, pendidikan seksual menjadi urgent untuk diajarkan kepada semua usia, tidak terkecuali bagi anak-anak usia prasekolah. Maraknya kekerasan seksual khususnya pada anak menjadi pemantik bahwa pendidikan seksual bukan hal yang tabu lagi untuk dibicarakan.

Pendidikan seksual merupakan suatu keterampilan dan pengetahuan yang perlu diberikan sedini mungkin kepada anak mengenai perilaku seksual untuk menghadapi hal-hal yang akan terjadi di masa depan seiring bertambahnya usia serta membentuk karakter dan pola perilaku agar mampu terhindar dari perilaku-perilaku yang beresiko terhadap pelecehan seksual maupun perilaku seksual menyimpang.

Adapun persoalan bagi anak usia dini mengenai pendidikan seks yaitu mendapatkan pengetahuan dan pengajaran pun hanya sebatas announcement (pemberitahuan) dalam perbedaan toilet laki-laki dan perempuan. Untuk pengenalan pendidikan seks hanya melalui media boneka. Disamping itu orangtua dan guru kebingungan untuk mengajar pendidikan seks ke anak karena dirasa tabu serta minimnya pengetahuandan media tentang pendidikan seks dalam mengajarkan kepada anak.

Dalam buku ini membahas bagaimana guru sebagai informan dalam membantu anak terkait pendidikan seksual? Mengingat keingintahuan anak akan tubuhnya sebagai hal yang alamiah dan naluriah. Guru sebagai aktor utama dalam pendidikan formal harus mampu menjelaskan bagaimana seharusnya pendidikan seksual diajarkan pada anak.

Peran guru dalam pendidikan seksual khususnya anak usia dini bisa dilakukan dengan cara guru membatasi diri akan penyebutan nama alat kemain secara ilmiah atau tanpa disamarkan karena anak memiliki rasa penasaran yang tinggi terkait seksualitas akibat faktor lingkungan. Guru sebagai fasilitator dan pengawas yang mengajarkan pendidikan seksual agar sejalan dengan perkembangan anak. Guru dapat menitikberatkan bahasan pendidikan seksualitas di sekolah mengenai kesehatan reproduksi, seksualitas yang sehat, dan menjaga alat kelamin.

 

Judul: Buku Panduan untuk Guru mengenai Pendidikan Seksual Anak Usia Dini
Penulis: Ellya Rakhmawati, S.Pd., S.Psi., M.Pd., Prof. Dr. Noor Rochman Hadjam, S.U., Dr. Akif Khilmiyah. M.Ag., Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag., Dr. H. Khoiruddin Bashori, M.Si., Dr. Azam Syukur Rahmatullah, S.H.I., M.Si., M.A., M.Psi., C.PNLP.
Penerbit: Magnum Pustaka Utama
ISBN: dalam proses pengajuan
Harga: Rp65.000,-
Info Pemesanan:wa.me/62882003761947

Penerbit Magnum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar