Profil Pelajar Pancasila

 

Konsep Pelajar Pancasila, adalah profil pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu:(1) beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, (2) berkebinekaan global, (3) mandiri, (4) bergotong royong, (5) bernalar kritis, dan (6) kreatif. Profil pelajar Pancasila dan capaian pembelajarannya diupayakan melalui rangkaian program intra-kurikuler (mata pelajaran) dan program penguatan karakter.
Profil pelajar Pancasila, sebagai tujuan pendidikan masuk kawasan pendidikan nilai (value education) dan selaras dengan sebutannya (Pancasila), menuntut pamahaman tentang nilai-nilai Pancasila, baik bagi pendidik maupun untuk si terdidik. Dengan demikian logis apabila Penulis Berdua memasukkan pembahasan Bab III Etika Pancasila Pembentuk Profil Pelajar Pancasila.
Membentuk profil pelajar Pancasila merupakan fungsi dari pendidikan karakter. Karakter terbentuk melalui internalisasi (pembatinan) atau normasi nilai-nilai; dalam hal ini nilai-nilai Pancasila.

Judul: Profil Pelajar Pancasila
Penulis : Dr. Iin Purnamasari, Prof. Dr. A. Y. Soegeng Ysh
Penerbit: Magnum Pustaka Utama
ISBN: dalam proses pengajuan
Harga: Rp95.000,-
Info Pemesanan:wa.me/62882003761947

Penerbit Magnum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar