Metode Penelitian dan Penulisan Hukum


 Buku ini merupakan buku yang berupaya mengembangkan keilmuan hukum terutama terkait tentang penelitian dan penulisan hukum baik secara akdemis maupun untuk kepentingan praktik.Uraian dalam buku ini mengulas berbagai aspek yang mengarahkan kita untuk memahami keilmiahan ilmu hukum dalam uraiannya tentang pentingnya metode penelitian dan penulisan hukum sebagai bagian untuk menunjukkan keilmiahan ilmu hukum.Sehingga perdebatan mengenai keilmuan hukum sudah tidak perlu diperdebatkan lagi.


Uraian demi uraian dalam buku ini menunjukan pentingnya memahami metodelogi suatu penelitian hukum. Pembahasan mengenai keilmuan hukum dan cabang - cabang ilmu hukum serta eksistensi ilmu hukum yang bersifat Sui generis menjadi pembahasaan pada bab pertama dalam buku ini, kemudian uraian selanjutnya mengenai  Metode Penelitian Ilmu Hukum dengan uraian lengkap bagaimana menentukan isu hukum, dan bagaimana menentukan tahapan dalam penelitian hukum dan penulisan hukum  baik untuk kepentingan akademis maupun untuk kepentingan praktis dalam praktik hukum.


Lebih lanjut buku ini juga menguraikan mengenai bagaimana menyusun perencanaan penelitian hukum,menyusun bahan hukum yang relevan dalam penelitian hukum serta bagaimana cara menganalisis isu hukum dalam rangka pemecahan masalahan di dalam penelitian hukum. Disamping itu buku ini juga membahas secara apik tatacara penulisan hukum untuk kepentingan praktik dalam bentuk legal opinion dan legal due diligence. Dan sangat menarik buku ini juga dilengkapi dengan contoh penyusunan proposal penelitian tesis untuk magister hukum dan magister kenotariatan serta contoh penyusunan pendapat hukum. Oleh karena itu buku ini dapat dikatakan lengkap memberikan uraian tentang metode penelitian dan penulisan hukum sehingga sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan berbagai kalangan praktisi yang tertarik mendalami tentang penyusunan pendapat hukum (legal opinion) dan audit hukum (legal due diligence).


Judul: Metode Penelitian dan Penulisan Hukum
Penulis: Dr. Rahmida Erliyani, SH., MH.
Penerbit: Magnum Pustaka Utama
ISBN: 978-602-5789-83-0

Penerbit Magnum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar