MODEL PEMBELAJARAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

model pembelajaran matematika
Dalam melakukan pemilihan dan penerapan model pembelajaran, perlu dipertimbangkan komponen-komponen model secara menyeluruh. Namun kenyataan yang sering dijumpai adalah pertimbangan yang dilakukan dalam hal pemilihan dan penerapan model pembelajaran, hanya didasarkan pada komponen sintak saja, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran tidak menunjukkan adanya penerapan model pembelajaran yang sebenarnya.
Pembelajaran adalah proses interaksi antar peserta didik (pembelajar) dan antara peserta didik dengan pendidik (pengajar) dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran harus dirancang secara terencana agar tujuan yang diharapkan berupa perolehan kompetensi pada diri pembelajar, dapat tercapai.


Pemilihan model pembelajaran, harus diawali dengan mempertimbangkan kesesuaian komponen-komponen model dengan kompetensi pada kurikulum 2013. Dalam Kurikulum 2013 dikemukakan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan, strategi, model, dan metode pembelajaran. Hal ini memberi isyarat bahwa untuk melakukan pembelajaran, terlebih dahulu perlu dipertimbangkan, dipilih, dan selanjutnya diterapkan model pembelajaran, strategi pebelajaran, metode pembelajaran, serta pendekatan pembelajaran yang tepat agar kompetensi yang tertuang dalam Kompetensi Inti (KI) dapat tercapai. Berkaitan dengan hal tersebut, pada buku ini akan diuraikan secara berurutan tentang pengertian-pengertian tersebut.





Pengertian model pembelajaran menurut Kurikulum 2013, merupakan kerangka konseptual dan operasional pembelajaran yang memiliki nama, ciri, urutan logis, pengaturan, dan budaya. Selain definisi model pembelajaran menurut Kurikulum 2013, masih banyak pendapat para ahli pendidikan yang memberikan definisi tentang model pembelajaran. Uraian tentang pengertian model pembelajaran dari berbagai pendapat, dapat memberi wawasan yang luas, selanjutnya dari pendapat-pendapat tersebut ditentukan ciri-ciri pokok atau komponen-komponen yang harus dimiliki suatu model pembelajaran.


Setelah model pembelajaran dipilih, dilanjutkan dengan pemilihan strategi, metode, dan pendektan pembelajaran yang sesuai dengan komponen model pembelajaran. Implementasi model pembeljaran dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan penyusunan rencana pembelajaran, yang dikenal dengan sebutan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).


Dalam RPP, khususnya pada kegiatan pembelajaran harus termuat rencana aktivitas siwa dan guru yang berkaitan dengan ciri-ciri/komponen model pembelajaran, metode, pendekatan pembelajaran yang digunakan. Selanjutnya pembelajaran tersebut dapat dikatakan tepat dan layak untuk dilaksanakan berdasarkan RPP yang telah memenuhi persyaratan model pembelajaran sesuai dengan arahan Kurikulum 2013. Berdasarkan pengamatan penulis, sebagai dosen pengampu matakuliah “Strategi Belajar Mengajar Matematika” pada jurusan Matematika FMIPA UNNES, diperoleh hasil pengamatan bahwa masih banyak dijumpai kualitas RPP pada pembelajaran matematika belum memadai. Pada penyusunan RPP yang dimaksud, khususnya dalam kegiatan pembelajaran pada kegiatan inti belum memperlihatkan rancangan aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru yang sesuai dengan ciri-ciri pokok/komponen model pembelajaran. Kebanyakan RPP yang disusun oleh guru atau mahasiswa calon guru matematika, belum atau tidak memperhatikan dan mempertimbangkan komponen model pembelajaran secara menyeluruh.


Mengabaikan kesesuaikan upaya pencapaian kompetensi dengan komponen-komponen model pembelajaran, dapat berpotensi terjadinya kegagalan dalam perolehan kompetensi pada pembelajar. Oleh karena itu, semua komponen model secara terintegrasi perlu dipertimbangkan kesesuaiannya dengan pencapaian kompetensi yang diharapkan, jadi tidaklah cukup hanya mempertimbangkan sintak pembelajaran. Keadaan seperti ini mendorong semangat penulis untuk menyusun buku tentang model pembelajaran dan strategi pembelajaran matematika. Melalui buku yang disusun ini, penulis mengemukakan bahasan-bahasan yang berkaitan dengan pemahaman model pembelajaran serta komponen-komponennya, kesesuaian model pembelajaran dengan upaya pencapaian kompetensi menurut Kurikulum 2013, selanjutnya menerapkannnya dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran.



Buku ini disusun dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna, diawali dengan ilustrasi sederhana, contoh model terpilih, sehingga dapat memberi kemudahan untuk dibaca dan dipahami oleh peminat pendidikan, khususnya calon guru dan guru matematika. Dalam buku ini disajikan uraian yang berkaitan dengan tiga pertanyaan sebagai berikut: (1) Komponen-komponen apa saja yang harus dimiliki oleh suatu model pembelajaran?; (2) Mengapa pada pemilihan dan penerapan model pembelajaran, tidak cukup hanya mempertimbangkan komponen sintak  saja, namun perlu mempertimbangkan semua komponenen-komponen model secara menyeluruh?; (3) Bagaimana alternatif upaya yang dapat dilakukan agar kegiatan pembelajaran sesuai dengan ciri-ciri pokok atau komponen model pembelajaran?


Berkaitan dengan pertanyaan tersebut, dapat dikemukakan tujuan penyusunan buku ini sebagai berikut: (1) menjelaskan pengertian model pembelajaran dan komponen-komponen model pembelajaran (2) menjelaskan pengertian strategi pembelajaran dan klasifikasi strategi pembelajaran, (3) menjelaskan keterkaitan komponen-komponen model pembelajaran dengan kompetensi, (4) menawarkan beberapa aktivitas- aktivitas belajar esensial yang dapat dikemas pada rancangan kegiatan inti dalam rencana pembelajaran matematika.


Buku Model Pembelajaran dan Strategi Pembelajaran Matematika ini diharapkan dapat melengkapi buku bacaan yang telah ada tentang model pembelajaran, khususnya model pembelajaran matematika. 
 
Judul                : Model Pembelajaran dan Strategi Pembelajaran Matematika

Penulis            : Suhito dan Muhammad ‘Azmi Nuha

Halaman          : 142 Halaman

ISBN                 : 978-602-5789-06-9

Penerbit Magnum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar