DARI INDUSTRI GULA HINGGA BATIK PEKALONGAN




Pantai Utara Jawa, atau yang sehari-hari disebut Pantura, merupakan kawasan ekonomi dan jalur transportasi yang berusia tua. Pada zaman Mataram, Pantura di sektor Jawa bagian tengah (dari Brebes hingga Rembang) dinamakan pesisir, kemudian pada masa VOC daerah ini dinamakan North East (Pantai Timur), dan pada awal abad XX muncul sebutan North Coast atau Pantai Utara.
Buku ini berjudul Dari Industri Gula hingga Batik Pekalongan: Sejarah Sosial Ekonomi Pantai Utara Jawa pada Masa Kolonial Belanda, mengeksplorasi sejarah ekonomi salah satu bagian di pantai utara Jawa Tengah yang cukup penting. Pekalongan, sebuah wilayah yang telah ada pada Zaman Mataram dan berkembang hingga sekarang. Pekalongan beawal dari sebuah desa, kemudian meningkat menjadi kabupaten kota, dan karisidenan. Fokus temporal buku ini adalah masa kolonial Belanda. Aspek yang dikaji meliputi ekonomi yang tumbuh sebagai wujud kreativitas masyarakat, baik yang telah dikembangkan sebelum penjajahan maupun pada masa penjajahan Belanda.

Judul               : Dari Industri Gula hingga Batik Pekalongan; Sejarah Sosial Ekonomi Pantai Utara Jawa pada Masa Kolonial Belanda
Penulis           : Prof. Dr. Wasino, M.Hum & Endah Sri Hartatik, M. Hum.
Halaman        : 290 halaman
ISBN                : 978-602-1217-69-2

Untuk buku-buku sejarah dan ilmu budaya yang lain silahkan klik disini

Penerbit Magnum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar