TEKNOLOGI MODIFIKASI PATI AREN

buku tknologi modifikasi pati aren
Kehadiran buku Teknologi Modifikasi Pati Aren karya Abdul Rahim, Dkk ini diterbitkan untuk memenuhi kebutuhan  akan literatur dibidang teknologi pangan.  Buku ini menjadi salah satu pegangan untuk membantu proses belajar mengajar dalam bidang teknologi pangan karena perkembangan ilmu dan teknologi modifikasi pati sangat pesat, maka dalam proses belajar mengajar perlu perlengkapan sumber-sumber baru. Meskipun demikian, diharapkan buku ini dapat memberikan informasi yang lengkap mengenai karakteristik fisik, kimia dan fungsional pati aren alami dan termodifikasi dalam menunjang keamanan dan ketahanan pangan nasional.
Cita-cita  ketahanan pangan nasional ini pemerintah daerah berusaha mencari pontensi daerah yang dapat dikembangkan. Tujuan utama pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut pemanfaatan komoditi potensial yang berperan terhadap pemenuhan bahan baku agro-industri merupakan langkah yang tepat. Salah satu potensi bahan baku dalam pengembangan agro-industri yang belum dimanfaatkan secara maksimal adalah tanaman aren (Arenga  pinnata (Wurb) MERR). Tanaman aren merupakan salah satu jenis tanaman yang telah lama dikenal petani di pedesaan karena banyak memiliki manfaat, bahkan di saat krisis ekonomi terjadi tanaman aren merupakan salah satu alternatif yang banyak menolong petani.   
Pohon aren memiliki manfaat yang banyak, yaitu antara lain berperan dalam konservasi lahan dan air, penghasil ijuk, nira untuk pembuatan gula, buah kolang-kaling, dan sebagai sumber pati. Pohon aren hidup di wilayah ketinggian yang luas, sehingga potensinya sangat besar.  Batang aren mengandung pati dalam batangnya. Batang aren cukup keras. Namun alat penghancur mekanis sudah berkembang secara komersial (Haryadi dkk., 1999). Usaha-usaha ekstraksi pati dari batang aren sudah berkembang berupa sentra-sentra industri kecil (Haryadi, 2002). Karena pohon aren juga dapat dimanfaatkan sebagai penghasil nira atau buah kolang-kaling, sering pohon yang sudah terlalu tua yang kurang produktif menghasilkan nira atau buah kolang-kaling ditebang untuk dimanfaatkan sebagai sumber pati. Jadi penebangan bisa jadi dilakukan terhadap pohon aren dengan beragam umur (fase pertumbuhan).
Batang aren ditebang saat kandungan patinya paling tinggi, setelah pohon ditebang, empulur batang diolah untuk mendapatkan pati aren. Pati aren dapat digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan makanan seperti roti, mie, industri kerupuk, kue kering, dan sirup berfruktosa tinggi. Dengan kemajuan teknologi pangan, aren dapat dibuat menjadi instant artificial rice siap santap yang dapat bersaing dengan beras alami. Berbagai macam formulasi dapat dikembangkan untuk meningkatkan cita rasa, dan penampilan produk. Pati aren juga dapat menunjang berbagai macam industri, baik industri kecil, menengah, maupun industri berteknologi tinggi . Misalnya, pati aren dapat digunakan sebagai bahan utama maupun bahan tambahan untuk industri pangan. Pati aren yang telah dimodifikasi dapat memberikan lebih banyak manfaat dalam industri pangan, bahkan farmasi. Manfaat yang dimaksud antara lain pada produksi makanan beku, rerotian, bahan minuman prebiotik, bahan penyalut lapis tipis (film coating) tablet, dan lain sebagainya.

DATA BUKU
Judul               : Teknologi Modifikasi Pati Aren
Penulis           : Abdul Rahim, dkk.
Halaman        : 420 halaman
ISBN                : 978-602-1217-56-6

Penerbit Magnum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar