STATISTIK : TEORI DAN APLIKASI

buku statistik


Statistika dapat dianggap sebagai bahasa khusus yang digunakan untuk berkomunikasi. Kekhususan statistika sebaagai bahasa dimaksudkan hanya untuk mendorong supaya cara kita berbicara atau menyajikan data lebih tepat dan akurat. Statistika sebagai bahasa juga memiliki aturan main sebagaimana bahasa-bahasa lainnya, seperti kata-kata dan gramatikanya. Namun, statistika merupakan  bahasa yang terbatas penggunaanya
Statistika pada mulanya dipahami sebagai angka tentang jumlah penduduk, angka tentang pendapatan masyarakat dan angka-angka lain yang berhubungan dengan masalah-masalah pemerintahan. Namun di era globalisasi ini hampir semua bidang  menggunakan statistik bergantung pada masalah yang dijelaskan oleh nama statistik itu sendiri.
Statistika dalam arti sempit (statistika deskriptip) ialah statistika yang mendiskripsikan atau menggambarkan tentang data yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram, histogram, polygon, frekuensi, ogive, ukuran penempatan (median, kuartil, desil, presentil), ukuran gejala pusat (rata-rata hitung, rata-rata ukur, rata-rata harmonik, dan modus), simpangan baku, angka baku, kurva normal, korelasi, dan regresi linier. Sebaliknya statistika dalam arti luas yaitu salah satu alat untuk mengumpulkan data, mengolah data, menarik kesimpulan dan membuat keputusan berdasarkan analisis data yang dikumpukan tadi. Statistika dalam arti luas ini meliputi penyajian data yang berarti meliputi statistik dalam arti sempit. Statistik dalam arti luas  ini disebut juga dengan istilah statistika inferensial atau statistika induktif.
Buku ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang mempelajari statistika, dan masyarakat umum yang ingin mengkaji statistika secara teori maupun aplikasinya, baik dalam bidang Pendidikan, Sosial dan Ekonomi. Buku ini terdiri dari 15 bab disusun dengan sederhana, yang dipaparkan secara praktis hanya membahas materi statistika secara singkat dengan harapan mudah dipahami, baik untuk mahasiswa maupun kalangan luas.

DATA BUKU
Judul               : Statistik : Teori dan Aplikasi dalam Pendidikan, Sosial dan Ekonomi
Penulis           : Drs. Sutrisno, S.E., M.M., M.Pd
Halaman        : xii + 388 halaman
ISBN                : 978-602-1217-68-9

Penerbit Magnum

1 komentar:


  1. I visit everyday a few web pages and websites to read content, however this webpage presents quality based articles. facebook log in facebook

    BalasHapus