PENGENALAN ANALISIS STATISTIK DENGAN SOFTWARE R

software r



Buku ini tercipta tidak lain dan tidak bukan untuk mendukung keragaman pemahaman para pembaca baik dari mahasiswa atau para analis data dalam memakai software statistik. Khususnya software open-source.
Kedepan, bukan tidak mungkin juga akan menjadi semangat yang membarukan untuk mendukung IGOS (Indonesia go to open-source). Sedikit cerita tentang R yang digunakan dalam buku ini ditulis, yaitu menggunakan R versi 3.2.1, dimana sekarang sudah mencapai versi 3.2.3. Pengembangan R sebagai software statistik open-source sedemikian pesatnya, bahkan dalam beberapa studi, R sanggup melakukan analisis database dengan kerjasama dengan bahasa pemrograman lainnya seperti MySQL, Haddop dll untuk jenis big data.
Meskipun begitu, R kurang terdengar dan dipakai untuk analisis statistik. R kalah popular dengan beberapa software komersial lainnya.Hal itu dikarenakan R memiliki dasar GUI yang kurang familiar dibanding software komersil. GUI dalam R mengadopsi bentuk CLI yang kurang diminati karena tingkat kesulitan dalam mengetik perintah, kesalahan sedikit bisa menimbulkan error, sehingga membuat orang menjadi enggan untuk belajar lebih dalam.
Untuk itulah buku ini merupakan jawaban dari sedikit pengenalan R yang paling dasar dan paling umum. Buku ini membawa CLI R kearah yang lebih mudah dan bisa dipahami, bahkan dengan cara yang paling sederhana sekalipun. Beberapa tahapan juga diberikan contoh mengenai kesalahan input perintah dan cara menanggulangi error. Apabila sudah terbiasa – dalam psikologi –, maka pembiasaan merupakan jalan terbaik untuk bisa menguasai suatu konsep.
Sekali lagi buku ini hanya menulis sesuatu yang sifatnya terbilang dasar, sehingga saran, kritikan maupun masukan yang membangun dari pembaca untuk perbaikan buku ini masih sangat diperlukan. Mari bersama-sama kita dukung Indonesia Go to Open-Source!!.

DATA BUKU
Judul               : Pengenalan Analisis Statistik dengan Software R
Penulis           : Hartanto
Halaman        : XVIII + 186 halaman
ISBN             : 978-602-1217-37-5
Harga              : Rp. 50.000,-
 

Penerbit Magnum

1 komentar:

  1. Anda Kebingungan Dan Kesulitan Menyelesaikan Skripsi, Tesis, Disertasi
    Karena Pusing Mikirin Olah Data Analisis Statistika Dengan ANATES, SPSS, AMOS
    LISREL, EVIEWS, SMARTPLS, GRETL, STATA, MINITAB dan DEAP 2.1
    Serahkan Dan Percaya Kepada Kami.
    Kami Siap Bantu Anda.
    Olah Data Semarang (Timbul Widodo)
    WhatsApp : 085227746673
    PIN BB : D04EBECB
    IG : @olahdatasemarang

    BalasHapus