LANDASAN KEPENDIDIKAN (JILID I)

landasan kependidikan



Apa Perbedaan antara pendidikan dan pengajaran? Pendidikan merupakan proses transfer: transmisi (pemindahan) dan transformasi (pengembangan) nilai-nilai. Pengajaran lebih bersifat transfer ilmu, pengetahuan, atau informasi. Pendidikan merupakan proses yang infromal (utamanya di keluarga), sedang pengajaran merupakan proses formal (resmi, utamanya di sekolah).
Dalam kaitannya dengan pemakaian istilah formal dan infromal, bahwa semua pendidikan adalah proses informal (konsep pedagogik); tidak ada pendidikan formal, yang formal adalah pengajaran (konsep education, edukasi). Yang dimaksud dengan formal dalam hal ini adalah terstruktur secara resmi dalam kurikulum, silabus, dan jadwal. Tidak ada pendidikan yang terjadwal, yang diatur dalam kurikulum atau silabus. Semua pendidikan informal, tidak ada kurikulum, tidak terjadwal, tidak menggunakan silabus, tanpa evaluasi, tidak perlu ijazah/sertifikat; utamanya terjadi di rumah/keluarga (oleh orangtua) dan di masyarakat (pengaruh nilai-nilai dan norma-norma masyarakat). Yang terjadwal, ada kurikulum dan silabus, yang resmi, yang formal, itu adalah pengajaran; terjadi di sekolah-sekolah. Bagaimanapun, di dalam pengajaran terkandung pendidikan. Pengajar mendidik lewat mengajar dan pelajar dididik lewat belajar.
Pendidikan itu merupakan fenomena fundamental atau asasi dalam kehidupan manusia. Di mana ada kehidupan manusia, di situ ada pendidikan. Tidak ada perbuatan khusus yang disebut mendidik. Kita tidak dapat menunjukkan “seorang ayah sedang mendidik anaknya” dan juga tidak dapat ditunjukkan adanya anak yang sedang dididik, karena pendidikan itu terjadi dengan dan dalam ada dan hidup bersama. Buku Landasan Kependidikan karya Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh., M.Pd. dan Dr. Ghufron Abdullah, M.Pd. ini membahas tuntas tentang landasan kependidikan.

DATA BUKU
Judul               : Landasan Kependidikan (Jilid I)
Penulis           : Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh., M.Pd., Dr. Ghufron Abdullah, M.Pd.
Halaman        : XVIII+541 halaman
ISBN             : 978-602-1217-46-7


Penerbit Magnum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar