5 PENDEKATAN PENELITIAN (KUANTITATIF, KUALITATIF, MIXED, PTK, R&D)

lima pendekatan penelitian kualitatif kuantitatif ptk

Penelitian adalah cara ilmiah untuk menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi manusia. Penemuan kebenaran atas jawaban terhadap persoalan-persoalan yang muncul yang diperoleh melalui penelitian tersebut dapat dipertanggungjawab, sebab cara itu cara penemuan yang terkendali dan dapat diverifikasi kebenarannya. Berbeda halnya dengan penemuan kebenaran yang ditemukan dengan cara non-ilmiah, kendatipun cara  non-ilmiah dapat menemukan kebenaran, penemuan itu akan sulit dipertanggungjawabkan dan diverifikasi.
Pertanyaannya adalah cara pendekatan penelitian apakah, yang bagaimanakah, dan yang manakah yang digunakan agar penemuan tersebut ditemukan secara akurat? Jawabannnya adalah sangat tergantung pada banyak hal. Dasar penentuannya, dapat tergantung pada fokus penelitian, pada masalah penelitian, pada pertanyaan penelitian, pada tujuan penelitian, dan pada ragam data yang akan dijaring. Berdasarkan beberapa pertimbangan tersebut, tentunya peneliti dapat menetapkan pendekatan yang akan digunakan.
Lima pendekatan penelitian yang dimaksud dalam buku ini adalah penelitian kuantitatif, kualitatif, metode campuran, penelitian tindakan, serta penelitian dan pengembangan. Penyatuan pendekatan-pendekatan penelitian tersebut dalam satu buku, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan  memudahkan para pembaca mencari pendekatan-pendekatan penelitian yang diinginkan. Lebih lanjut, pembaca juga akan dapat dengan cepat membandingkan, menelusuri secara utuh setiap pendekatan penelitian, sehingga cepat pula menentukan pendekatan penelitian mana yang akan digunakan dalam penelitian yang dirancang.

DATA BUKU
Judul               : 5 Pendekatan Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, Mixed, PTK, R&D
Penulis           : Prof. Dr. Maman Rachman, M.Sc.
Halaman        : XII+398 halaman
ISBN              : 978-602-1217-09-2

Harga              : Rp. 75.000

Untuk informasi Produk, Penerbitan, Percetakan silahkan klik disini

Penerbit Magnum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar