PENGAKUAN DAN PERLINDUNGAN HAK CIPTA DALAM KONTEKS FILOSOFI DAN TEORI

pengakuan dan perlindungan hak cipta filosofi dan teori


Buku Pengakuan dan Perlindungan Hak Cipta dalam Konteks Filosofi dan Teori merupakan bentuk pemikiran penulis akan pentingnya pengakuan hak cipta. Hak cipta berbeda dengan hak kekayaan intelektual lainnya seperti hak paten, hak merek dan desain industri. Hak cipta mempunyai karakteristik sendiri dibanding dengan hak kekayaan intelektual lainnya. Dalam hak cipta, perlindungan sebagai bentuk pengakuan bersifat otomatis (automatic protection). Hak cipta adalah hak yang melekat (inheren) pada ciptaan, karena ciptaan adalah personifikasi dari pencipta. Untuk meperoleh hak cipta, pencipta tidak perlu mendaftarkannya. Hak cipta diperoleh setelah ciptaan selesai dibuat (dapat dilihat, didengar dan dinikmati), atau hak cipta diperoleh setelah adanya pengumuman dari pencipta.
Hukum Perancis yang mengikuti civil law system memandang hak cipta sebagai bagian dari hak alamiah (natural rights), seperti hak lain yaitu hak hidup dan hak memiliki, perlindungannya dilekatkan kepada pencipta (author). Adapun hukum Amerika yang dipengaruhi oleh Anglo-American memandang bahwa hak cipta adalah hak milik (property rights), sehingga perlindungannya dilekatkan kepada ciptaan (copyrights). Selain itu, buku ini dilengkapi dengn sejarah hak cipta, politik hukum hak cipta di Indonesia, hak cipta masyarakat tradisional, dan prinsip-prinsip orisinalitas (originality).
Buku ini dirancang agar dapat memberikan informasi tentang hak cipta bagi pembaca yang mempunyai kepedulian kepada hak cipta. Demikian juga bagi pemerintah agar dalam membuat kebijakan mengakomodir nilai-nilai yang berkembang dalam masyarakat.

DATA BUKU
Judul               : Pengakuan dan Perlindungan Hak Cipta dalam KonteksFilosofi dan Teori
Penulis           : Drs. Haryono, SH, MH
Halaman        : X+125 halaman
ISBN               : 978-602-1217-

Harga              : Rp. 50.000

Untuk informasi Produk, Penerbitan, Percetakan silahkan klik disini


Penerbit Magnum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar