Malapetaka Ekonomi Global

malapetaka ekonomi global


Tammat R. Talaohu penulis muda dari maluku ini mengeluarkan sebuah karya Malapetaka Ekonomi Global di dasari atas dinamika pembangunan ekonomi Indonesia selama ini, telah menghasilkan pertumbuhan tinggi untuk sekelompok kecil orang, kemiskinan untuk banyak orang, dan ketergantungan asing untuk seluruh masyarakat. Pertumbuhan tinggi yang dinikmati sekelompok kecil orang merupakan pertumbuhan dengan ketergantungan yang sangat kental. Di sisi lain, kemiskinan yang diderita banyak orang merupakan produk dari ketergantungan asing, diikuti proses pertukaran yang sama sekali tidak adil dan pencangkokan sistem produksi asing, diiringi model hubungan sosial yang menyingkirkan mereka dan sistem produksi yang bertahun-tahun telah mereka lakukan untuk mencari nafkah. Sektor pertambangan, perdagangan eceran, perbankan adalah diantara sektor yang didominasi asing.
Proses tersingkirnya banyak orang dari sistem produksi tersebut diperparah lagi dengan penerapan sistem produksi baru yang tidak proburuh. Sistem baru ini bersifat padat modal tersebut seperti telah lama terjadi
dalam industri tekstil merupakan hasil pengembangan teknologi untuk menggantikan peran buruh. Pada dasarnya proses substitusi yang dilakukan untuk mengurangi komponen buruh dalam sistem produksi merupakan sistem sosial negara maju yang tidak memiliki surplus tenaga kerja di sektor pertanian tempat proses transformasi mulai digerakkan.
Bangsa Indonesia kini dalam persimpangan jalan untuk menentukan pilihan: Apakah akan membiarkan situasi yang merendahkan nilai kemanusiaan dan menista kehormatan bangsa, atau merintis model pembangunan yang berbasis peran serta rakyat dan membangun kembali kehidupan kebangsaan yang beradab dan bermartabat. Bangsa ini memiliki kebebasan untuk menentukan pilihan jalan kehidupan bersama.
Bangsa Indonesia telah menetapkan pilihan untuk membangun kehidupan kebangsaan dengan berdasar iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kita menegaskan pilihan kita untuk menjunjung tinggi nilai persamaan dalam semangat kemanusiaan dan kebersamaan sebagai bangsa tanpa membedakan asal usul keturunan, etnis, suku, dan keyakinan agama maupun kelas ekonomi. Kesadaran bahwa persamaan sebagai dasar untuk mewujudkan cita-cita kemanusiaan yang adil dan beradab tidak terselenggara tanpa tindakan, tanpa perjuangan bersama. Karena melaksanakan tindakan bersama dengan landasan kesadaran kolektif kita sebagai bangsa untuk merubah keadaan.
Dengan kemandirian, bangsa Indonesia harus mampu membangun kesetaraan dalam pergaulan antar bangsa untuk berperan secara terhormat. Dengan kemandirian pula Indonesia dapat ikut memberikan sumbangan bagi terwujudnya tata dunia yang damai dan berkeadilan.

Judul               : Malapetaka Ekonomi Global
Penulis            : Tammat R. Talaohu
ISBN               : 978-602-97612-9-0
Halaman         : 180 halaman

Harga              : Rp. 60.000

Penerbit Magnum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar