Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam

inovasi kurikulum pendidikan agama islam


Buku yang berjudul Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun Dr. H. Rahmat Raharjo, M.Ag. ini berisi hal-hal mendasar secara teoritis tentang pengembangan dan pembelajaran kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah. Di dalamnya dibahas mengenai konsep dasar, landasan, pendekatan, maupun model pengembangan kurikulum. Di samping itu, dibahas pula implementasi kurikulum, di antaranya proses pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan evaluasi kurikulum.

Tugas pokok guru adalah melaksanakan penyusunan program pembelajaran, melaksanakan  penyajian program pembelajaran, melaksanakan penilaian hasil belajar, melaksanakan analisa hasil belajar, dan melaksanakan program perbaikan. Karena itulah, pemahaman terhadap pengembangan dan pelaksanaan kurikulum sangat penting, karena kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sistem pendidikan. Kurikulum tidak hanya merumuskan tujuan yang diharapkan dan memperjelas arah yang ingin dituju, akan tetapi juga memberikan pamahaman pengalaman.

Kurikulum dan pengajaran merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan walaupun keduanya memiliki posisi yang berbeda. Kurikulum berfungsi sebagai pedoman yang memberikan arah dan tujuan, serta isi yang harus dipelajari, sedangkan pengajaran adalah proses interaksi belajar dan mengajar antara guru dan peserta didik. Dengan demikian, tanpa kurikulum sebagai sebuah rencana, maka pembelajaran atau pengajaran tidak akan efektif, sementara tanpa pengajaran atau pembelajaran sebagai implementasi sebuah rencana, maka kurikulum tidak memiliki arti apa-apa.

Judul               : Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam
Penulis            : Dr. H. Rahmat Raharjo, M.Ag.
Halaman         : - halaman
Harga             : Rp. 65.000

Penerbit Magnum

5 komentar:

  1. I think that is one of the most vital info for me. And i'm satisfied reading your article. However want to statement on some normal issues, The website taste is wonderful, the articles is truly nice : D. Good job, cheers paypal login

    BalasHapus
  2. kalau saya mau nanya ? untuk sang penulis tinggal nya dimana yaa?

    BalasHapus
  3. Buku inovasi kurikulum PAI. Bisa di beli g y

    BalasHapus
  4. Buku inovasi kurikulum PAI. Bisa di beli g y

    BalasHapus
  5. We prefer quality over quantity and only send a handful of emails every year. mortgage payment calculator Our mortgage calculator contains Manitoba current rates on mortgages rising, so that you can determine your monthly premiums. mortgage calculator canada

    BalasHapus