6 Alasan Kenapa Anda Membutuhkan Seorang Editor

alasan membutuhkan jasa editor

Anda ingin menerbitkan tulisan Anda menjadi sebuah buku. Naskah, disertasi, tesis, skripsi atau apa pun bentuk tulisan Anda sudah selesai ditulis. Anda baca kembali, lagi dan lagi. Terlintas keraguan, Anda tidak mengkomunikasikan maksud Anda dengan jelas dan efektif. Ada saat Anda tidak puas dengan kalimat atau kata-kata yang Anda rangkai, tetapi Anda tidak yakin bagaimana untuk memperbaikinya. Inilah titik di mana Anda membutuhkan seorang editor.
Buku yang baik selalu berawal dari proses editing yang baik. Seorang editor yang baik pun kadang tidak luput dari kesalahan, namun mereka dapat membantu Anda menjadikan bongkahan batu menjadi cincin akik yang indah. Berikut 6 alasan kenapa anda membutuhkan seorang editor.
1. Otak yang Masih Segar
Anda telah menghabiskan jam, hari, minggu, atau bahkan bulan untuk menyelesaikan karya Anda. Anda membaca ulang 4-5 kali naskah Anda, meyakinkan diri Anda sendiri bahwa naskah sudah siap saji. Namun di saat yang sama pasti terbersit ketidakyakinan apakah naskah Anda sudah benar-benar siap. Apakah bahasa yang Anda pakai sudah mudah dipahami oleh pembaca? Nah, masih ragu, kan? Maka Anda butuh otak yang masih segar untuk melihat masalah yang Anda hadapi. Seorang editor akan membantu Anda untuk menyelesaikan masalah tersebut.
 2. Menghilangkan Keraguan
Misal naskah Anda telah dibaca teman atau kolega, mungkin mereka ragu-ragu atau segan untuk memberikan masukan kepada Anda untuk menghapus seluruh atau sebagian paragraf, atau mungkin kesalahan tata bahasa. Seorang editor tanpa ragu atau sungkan akan memotong atau menambahkan rangkaian kalimat dalam rangka perbaikan naskah Anda.
 3. Menghemat Waktu
Daripada Anda menghabiskan waktu untuk membaca ulang sampai tujuh, delapan, bahkan sepuluh kali, serahkan saja naskah Anda ke editor. Dengan begitu, Anda bisa fokus ke proyek lain yang mungkin terbengkalai sembari menunggu proses editing naskah selesai dikerjakan.
 4. Mengurangi Frustrasi
Mempekerjakan editor bisa mengurangi frustrasi Anda dalam merevisi naskah. Biarkan editor memperbaiki dan meningkatkan naskah Anda; ia akan dengan cepat memperbaiki tata bahasa, gaya bahasa, pilihan kata, atau masalah lain dalam naskah Anda.
5. Editor Bekerja karena Dibayar
Ketika Anda menyewa seorang editor, Anda mempekerjakan seorang profesional untuk melakukan yang terbaik pada naskah Anda. Ia akan dengan tekun mencari kata yang salah eja, mereorganisasi paragraf, menemukan spasi ganda, dan menyesuaikan gaya demi tulisan yang sempurna. Mereka dibayar karena keahlian mereka dan tugas mereka adalah memastikan tulisan akan dipoles dan disajikan dengan baik kepada pembaca.
6. Menjadikan Naskah Siap Saji
Tugas editor tidak sesederhana yang dipikir banyak orang. Seorang editor harus bermata jeli dan tekun sehingga bisa memperbaiki beragam masalah mengenai bahasa, pilihan kata hingga mengoreksi kesalahan ejaan. Selain itu, tugas editor adalah menyempurnakan tulisan Anda, sehingga ide-ide yang Anda sampaikan bisa dikomunikasikan seefektif mungkin, enak dibaca dan menjadikan naskah Anda sebuah produk yang mendekati sempurna.

Penerbit Magnum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar