FILANTROPI ISLAM; FIKIH UNTUK KEADILAN SOSIAL

buku filantropi islam


Konon, Ilmu dan praktik pekerjaan sosial (social work) berkembang dari tradisi filantropi. Di Barat, tradisi filantropi tersebut banyak berakar dari tradisi agama. Di Timur, ceritanya tidak berbeda. Wajar demikian karena agama sudah berumur ribuan tahun untuk mengajarkan kebajikan. Filantropi itu intinya berbuat kebajikan. Maka agama dan filantropi harusnya menjadi dua sisi mata uang yang tidak terpisah. Orang beragama harus berbuat baik, meskipun berbuat baik tidak harus beragama. Berbicara tentang agama, ya harus berbicara tentang filantropi, walaupun berbicara filantropi tidak harus berbicara tentang agama. Karena social work berakar dari filantropi, dan agama sangat identik dengan filantropi, maka berbicara tentang “filantropi, Islam, dan pekerjaan sosial” adalah berbicara satu hal dalam berbagai ekspresi.
Dalam buku ini, pembaca akan diajak mencerna pengertian filantropi dan mengapa orang memberi kepada dan membantu orang lain. Konsep teoretis akan segera diikuti dengan diskusi contoh. Atau sebaliknya, contoh-contoh diikuti dengan diskusi teoretis.
Meski beberapa kali akan dirujuk, sejarah filantropi bukan perhatian buku ini. Jadi, dalam beberapa topik, kita akan menyinggung sejarah sekedar untuk mengantarkan diskusi atau memberikan ilustrasi praktik yang pernah ada.
Judul               : Filantropi Islam; Fikih untuk Keadilan Sosial
Penulis           : Dr. Arif Maftuhin
ISBN                : 978-602-1217-75-7

Penerbit Magnum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar