MENGENAL DUNIA PENERBITAN TERKINI

mengenal dunia penerbitan terkini


MENGENAL DUNIA PENERBITAN TERKINI


Perkembangan dunia penerbitan buku terkini sedikit berbeda dengan zaman dahulu. Bila zaman dulu penulis tugasnya hanya menulis, penerbit tugasnya menerbitkan, distributor bertugas untuk distribusi, dan toko sebagai penjualnya. Perubahan model didunia penerbitan telah terjadi, walau metode tersebut masih berlaku untuk industri buku mayor, akan tetapi pergerakan buku independen tidak bisa dipandang remeh.
Kini penulis bisa jadi juga menjadi pemasar produknya sendiri. Bila dahulu penulis hanya berkarya, sekarang penulis juga seorang marketing. Bila dulu penerbit melakukan monopoli tema buku yang diinginkan pasar, sekarang dengan perkembangan zaman penulis bebas menerbitkan dan mempublikasikan karya ke khalayak. Akan tetapi banyak penulis yang tidak berhasil karena hanya menguasai teori penulisan saja. Memang benar menulis adalah cinta, akan tetapi penerbitan adalah sebuah bisnis. Dalam dunia penerbitan independen, dunia bisnis otomatis akan anda masuki ketika anda mempublikasikan karya anda.
Dan ketika memasuki dunia penulisan dan penerbitan, dunia bisnis akan anda arungi, anda akan mengalami pengalaman yang luar biasa, pengalaman baik ataupun pengalaman buruk itu 100% tergantung kesiapan, pemahaman terhadap tantangan yang anda hadapi. Dan ingat, pengetahuan dan pengalaman adalah kekuatan anda.

SIAPAPUN BISA MENERBITKAN BUKU
Banyak orang tidak mengenali potensi dirinya, padahal dengan menggali potensi diri seseorang akan menjadi besar dan menjadi luar biasa. Pada dasarnya semua bisa menjadi berkarya, dari dari pejabat sampai purnawirawan, dari ibu rumah tangga maupun aktivis politik, dari dosen, guru maupun mahasiswa atau pelajar. Inti dasarnya adalah semua orang berhak dan bebas berkarya, memberitahu sebuah cerita, menyampaikan kepada khalayak ramai, berbagi pengetahuan, dan yang tidak kalah penting adalah mendapatkan  keuntungan. Baik keuntungan materi maupun keuntungan non-materi.

MENERBITKAN BUKU, APA YANG HARUS DILAKUKAN DAN APA YANG HARUS DIHINDARI
1. Menulis
Hal pertama yang pertama tentu saja adalah tulis karya sesuai dengan passion dan hal yang anda kuasai. Tulis apa saja, dan jangan banyak berpikir tentang tata bahasa, struktur kalimat, dan urusan teknis menulis lainnya. Pokoknya tulis dulu, setelah selesai, coba petakan menjadi bab-bab, kemudian edit lagi agar lebih enak dibaca dan dipahami.
2. Pastikan naskah sudah siap
Karena ketika naskah belum matang dan sudah dicetak maka akan ada penyesalan dikemudian hari. Terlalu banyak perbaikan naskah pada saat anda sudah berhubungan dengan bagian percetakan hanya akan membuat lelah dan menguras energi dan mengendurkan semangat bagi kedua belah pihak.
3. Menentukan Taget Pasar
Anda bisa menulis sesuai selera pasar dengan jenis dan tema yang mirip dan sudah bertebaran dipasar dengan konsekuensi berebut ceruk pasar yang sama, atau mencari celah perbedaan yang belum banyak diolah oleh penulis lain dengan konsekuensi respon pasar yang kurang apabila sisi pemasaran dan penjualan tidak digarap dengan baik. Tapi pilihan mencari deferensiasi ini akan berdampak dahsyat apabila promosi dan pemasaran digarap dengan baik dan optimal. Namun semua itu kembali kepada anda untuk memilih dan menentukan target pasar yang anda bidik.
4. ISBN
International Standard Book Number, atau ISBN (arti harfiah Bahasa Indonesia: Angka Standar Buku Internasional), adalah pengindentikasi unik untuk buku-buku yang digunakan secara komersial. Apabila buku sudah ber-ISBN maka otomatis buku sudah terindeks di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Penggunaan ISBN juga berguna agar tidak ada kekeliruan dalam arus pemesanan buku.
5. Membangun Brand Image
Pastikan membangun citra baik pribadi anda sama dengan citra baiknya karya anda, jangan sampai citra yang anda bangun tidak sesuai dengan produk yang anda keluarkan. Misal anda membuat karya tentang komedi, maka bangun citra anda sebagai seorang yang asyik, humoris dan easy going. Hal ini berlaku juga kebalikannya.

LAYOUT DAN DESAIN BUKU
Tidak dipungkiri pentingnya tata letak atau layout buku dan desain sampul sangat mempengaruhi nilai buku. Bagaimanapun anda dapat menilai buku dari sampulnya. Layout juga memegang peranan penting untuk menilai buku enak atau tidak untuk dibaca.

PEMILIHAN KERTAS
Kertas merupakan bagian utama dari buku. Anda setidaknya sedikit banyak mengetahui jenis kertas meski anda tidak perlu menjadi ahli dalam hal kertas. Adalah menjadi kepuasan tersendiri bagi anda ketika karya sudah menjadi buku dengan pilihan kertas yang anda inginkan.

MENCETAK BUKU
Anda tidak bisa menjual buku tanpa mencetaknya. Fakta ini sedikit tidak berubah sejak penemuan mesin cetak. Pencetakan buku menjadi bagian penting untuk “memonumenkan” karya anda, pilih penerbit dan percetakan yang sudah ahli dalam bidangnya. Jangan sampai salah memilih, karena ini soal hasil akhir dari proses membuat “monumen ”anda. 

PENJUALAN DAN PEMASARAN BUKU
Penjualan dan pemasaran adalah salah satu bagian yang tidak ada batasnya. Sudah banyak pengetahuan mengenai ilmu penjualan dan pemasaran. Tak bedanya dengan usaha lain, dalam dunia perbukuan, anda harus bekerja keras agar menjadi sukses. Jika Anda membayangkan kesuksesan penjualan buku , Anda lebih baik siap untuk banyak kerja keras tanpa janji hasil. Apa yang terjadi dengan penulis atau penerbit lain mungkin tidak berlaku bagi anda, begitu pula sebaliknya. Hal terpenting adalah anda harus membangun citra yang baik tentang buku anda. Tak ada yang lebih berharga daripada pengalaman, pengalaman baik atau buruk akan selalu menjadi kenangan. Lakukan sekarang dan arungi pengalamannya. Dan akhirnya tiada kata lain selain SELAMAT MENCOBA.



Penerbit Magnum

2 komentar: